Sumber Bahaya di Tempat Kerja yang Tidak Disadari

Ada berbagai sumber bahaya yang bisa ditemukan di tempat kerja dengan tidak disadari. Jika tidak memperhatikan keselamatan kerja, maka bahaya kecelakaan kerja bisa terjadi kapan saja. Lalu, apa saja sumber bahaya di tempat kerja ini?

Bahaya yang berasal dari bangunan

Konstruksi bangunan harus kuat serta penuhi prasyarat. Design ruangan serta tempat kerja harus baik. Ada penerangan darurat yang diperlukan. Jalan serta gang harus diberi marka yang jelas. Pada tempat yang membutuhkan dipasang rambu sesuai dengan kepentingan. 

Ada jalan penyelamatan diri yang dibutuhkan lebih dari satu pada bagian yang berlawanan. Pintu harus membuka keluar untuk memudahkan penyelamatan diri dan terhindar dari bahaya seperti kecelakaan kerja kontruksi.

Instalasi harus memenuhi syarat keselamatan kerja, baik dalam desain ataupun konstruksi. Sebelum digunakan harus diuji terlebih dulu dan dikontrol oleh satu tim ahli. Jika dibutuhkan modifikasi harus sama dengan kriteria bahan serta konstruksi yang dipastikan. 

Sebelum operasi harus dikerjakan eksperimen operasi untuk menjamin keselamatannya dan dioperasikan oleh operator yang memenuhi prasyarat.

Dalam industri dipakai beberapa perlengkapan yang memiliki kandungan bahaya. Jika tidak dipakai dengan seharusnya dan tidak diperlengkapi dangan alat pelindung serta penaman, perlengkapan itu dapat memunculkan beberapa macam bahaya seperti;

  1. Kebakaran

  2. Sengatan listrik

  3. Ledakan

  4. Luka-luka dan cedera yang cukuplah serius

Bahaya yang berasal dari bahan

Bahan yang berbahaya bisa menimbulkan luka, kebakaran, iritasi, dan lain sebagainya. Maka perlu berhati-hati dalam menyikapi berbagai bahan ini.

Tidak hanya kemungkinan bahannya yang berbeda ikut intensitas atau tingkat bahayanya ikut berbeda. Ada yang tingkatnya sangat tinggi serta ada juga yang rendah, contohnya dalam soal bahan beracun, ada yang sangatlah beracun yang bisa memunculkan kematian dalam kandungan yang rendah serta dalam tempo yang singkat serta ada juga yang kurang beresiko. 

Selain itu pengaruhnya ada yang segera bisa dilihat atau kronis tapi ada pula yang pengaruhnya baru kita ketahui sesudah beberapa tahun yang dapat disebut juga kronis. Oleh karenanya tiap-tiap pimpinan perusahaan harus tahu karakter bahaya yang dipakai hingga dapat ambil beberapa langkah untuk mencegah terjadinya kecelakaan serta sakit karena kerja yang bisa sangat merugikan buat perusahaan.

Tiap-tiap bahan kimia beresiko harus diperlengkapi dengan lembar data kimia atau MSDS. Lembar data kimia ini bisa diminta pada penyuplai dengan memasukkan dalam kontrak pembelian bahan atau bisa juga dibuka di database MSDS seperti chamwatch.

Maka dari itu pekerjaan beresiko seperti di laboratorium wajib menggunakan alat safety dan perlengkapan alat kerja untuk keselamatan kerja. Biasanya toko alat safety menyediakan kebutuhan alat safety untuk berbagai pekerjaan.

Bahaya yang berasal proses

Bahaya yang berasal dair proses sangatlah beragam bergantung teknologi yang dipakai. Proses yang dipakai di industri ada yang sederhana tapi ada proses yang sulit ada proses yang beresiko dan ada juga proses yang kurang beresiko. 

Industri kimia umumnya memakai proses yang memperbesar kemungkinan bahayanya, proses dari ini terkadang muncul asap, debu panas, dan bising serta bahaya mekanis seperti terjepit, terpotong, tertimpa bahan hingga dinyatakan kecelakaan atau sakit karena kerja. 

Dalam proses banyak bahan-bahan kimia yang dipakai menjadi bahan baku serta bahan penolong. ada bahan kiia yang disebut hasil sambilan, beberapa bahan itu termasuk juga bahan kimia beresiko seperti gampang terbakar, meledak, iritan, beracun dll. 

Taraf industri kimia cenderung makin besar untuk mengingkatkan efisiensi serta mengatur biaya, akan tetapi perihal ini ikut menyebabkan peluang munculnya musibah jika berlangsung kegagalan operasi normal. Beberapa malapetakan industri sempat berlangsung dengan korban uang besar baik pada kibawa manusia, asset perusahaan serta lingkungan.

Selain bahaya di atas, bahaya lain yang bisa muncul karena disebabkan kelalaian diri sendiri dan lingkungan. Maka untuk itu perlu menjaga keselamatan kerja dengan baik agar aman dalam bekerja.

Tinggalkan Balasan