Kelebihan dan Kekurangan Usaha Konveksi

Di zaman ini, tentu usaha apapun memiliki kelebihan dan kekurangan. Termasuk usaha konveksi. Usaha ini tentu juga memiliki plus dan minusnya, sehingga harus bisa mempertimbangkannya kelebihan dan kekurangan usaha konveksi ini.

Setelah tahu kelebihan dan kekurangannya, tentu kamu pasti akan tahu langkah terbaik apa yang bisa diambil agar usaha yang kamu mulai bisa berjalan dengan baik tanpa suatu kendala apapun.

Langsung saja, inilah beberapa kelebihan dan kekurangan usaha konveksi yang perlu kamu tahu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk bisa kamu ambil peluangnya. Check this up!

Kelebihan dan Kekurangan Usaha Konveksi

Usaha Konveksi
Gambar oleh Willfried Wende dari Pixabay

Kelebihan Usaha Konveksi

Konveksi baju adalah sebuah usaha yang mampu memproduksi antara 12 pcs hingga 12.000 pcs baju. Maka dari itu, usaha ini bisa dibilang memiliki potensi yang besar. Apalagi di zaman modern ini.

Banyak orang yang membutuhkan konveksi, sehingga mereka akan menyewa jasa konveksi untuk memuatkan baju atau kaos yang mereka butuhkan. Hal ini adalah sebuah peluang yang sangat besar, apalagi jika kamu bisa memanfaatkannya dengan baik.

Kelebihan yang pertama adalah selalu dibutuhkan orang. Usaha konveksi adalah usaha membuat baju atau kaos, yang mana produk itu adalah sebuah produk wajib yang primer. Sehingga siapapun pasti membutuhkannya.

Tidak hanya perorangan saja, namun perusahaan juga membutuhkan usaha konveksi baju untuk mencetak dan membuat baju custom yang mereka inginkan. Maka dari itu, ada banyak peluang pada bisnis yang satu ini.

Selain itu, kelebihan usaha konveksi yang selanjutnya adalah bisnis ini dapat dijalankan secara online. Maksudnya, strategi marketingnya sangatlah gampang ketika disesuaikan dengan zaman.

Maka dari itu, kamu pasti nggak bakalan kesulitan untuk memasarkan jasa konveksi yang kamu miliki. Namun efek dari hal ini adalah persaingan yang ketat. Banyak orang yang memiliki usaha konveksi dan akhirnya menciptakan pasar yang sempit.

Sehingga ketika kamu benar-benar memutuskan untuk memulai usaha ini. Maka kamu harus benar-benar bisa serius dan totalitas dalam mencari klien. Sukses tidaknya bisnis konveksi yang kamu jalankan, bergantung dengan usaha yang kamu lakukan.

Baca juga: Instagram untuk Promosi Bisnis, Mengapa Tidak?

Kekurangan Bisnis Konveksi

Selain memiliki kelebihan, tentu bisnis konveksi juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah banyak pesaing. Karena memang, bisnis ini bisa didirikan oleh orang yang memiliki modal.

Sehingga, ketika hal itu terjadi, maka banyak orang yang mendirikan usaha ini. konsekuensinya adalah banyak jasa yang bersaing untuk mendapatkan klien. Akhirnya, persaingan menjadi ketat dan tentunya pasar akan semakin sempit.

Sehingga, kamu harus bisa benar-benar maksimal dalam pemasaran ketika memang berniat terjun ke bisnis ini. Jangan sampai kamu main-main saja ketika berbisnis konveksi baju. Pastikan memiliki planning yang baik dan menarget pasar yang tepat.

Pastikan melaksanakan strategi digital marketing juga. Karena jika kamu kalah dalam hal online, bisa dipastikan kamu bakalan kalah bersaing dengan jasa konveksi baju lainnya. Maka dari itu, pastikan kamu menang dalam hal ini.

Kelemahan lain dari bisnis konveksi ini adalah harus didirikan dengan modal. Berbeda dengan bisnis jual baju yang bisa kamu lakukan tanpa modal, mendirikan bisnis konveksi baju artinya kamu harus memiliki alat yang bisa digunakan untuk membuat baju.

Alat seperti itu tentu tidaklah murah. Kamu butuh beberapa jenis mesin jahit. Apalagi jika kamu menarget banyak konsumen. Maka kamu harus memiliki alat yang lebih canggih agar bisa memproduksi baju dalam jumlah yang banyak dengan tempo waktu yang relatif cepat.

Selain itu, jika kamu benar-benar mau terjun ke usaha konveksi, maka kamu harus bisa maksimal dalam mengerjakan pesanan baju. Karena sekali saja kamu tidak maksimal, maka klien bakalan kecewa dan akhirnya tidak akan berlangganan pada konveksi yang kamu miliki.

Penutup

Memang sih, setiap usaha pasti memiliki kelemahan dan kelebihan. Namun beberapa hal di ataslah yang menjadi kelebihan dan kelemahan dari bisnis konveksi baju. Semua kekurangan itu tentu bisa diatasi, apalagi jika kamu benar-benar mau bergelut dalam bidang itu.

Semoga informasi mengenai kelebihan dan kekurangan usaha konveksi di atas bisa bermanfaat untuk kamu. Tetap pastikan serius dalam memulai usaha apapun. Karena serius itulah yang menyebabkan kamu berhasil nantinya.

Tinggalkan Balasan